Sabtu, 23 Juni 2012

Minum 8 Gelas Sehari dapat Menurunkan Berat Badan ?



Minum delapan gelas air sehari untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat adalah mitos, demikian seorang akademisi Melbourne mengatakan. Rekomendasi, Australia menyarankan asupan cairan yang cukup setiap hari adalah sekitar 2,8 liter untuk wanita dan 3,4 liter untuk pria.



Namun, ini termasuk cairan yang ditemukan dalam makanan dan minuman. Dosen Universitas Australia  La Trobe, Spero Tsindos  mengatakan orang bisa mendapatkan asupan cairan bisa dari buah, sayuran, jus dan bahkan teh dan kopi. “Jika Anda merasa haus lalu minum dengan segala cara minuman. Tidak harus air,” kata Tsindos. “Saya tidak mengatakan Anda tidak harus minum air. Saya katakan kebutuhan untuk minum dua liter air secara teratur adalah mitos.

“Kita harus memberitahu orang bahwa minuman seperti teh dan kopi memberikan kontribusi kebutuhan cairan seseorang dan, meski mengandung kadar kafein mereka, tidak menyebabkan dehidrasi.” Dia mengatakan minum air dengan jumlah besar dalam satu hari untuk mencapai tingkat asupan harian tidak ada gunanya karena tidak akan didistribusikan di mana ia dibutuhkan. Itu hanya akan mencairkan urine, katanya.

Minum air dalam jumlah besar untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil tanpa diet rendah kalori, tambahnya. “Ada bukti lebih lanjut bahwa air dan diet yang seimbang tidak jauh lebih dari air saja,” tulis  Tsindos dalam koran The Australia dan Journal of Public Health, Selandia Baru yang diterbitkan hari ini.

“Air adalah penting untuk kesehatan, namun, rekomendasi minum delapan gelas air murni sehari adalah sebuah persyaratan yang terlalu tinggi,” katanya. Ide minum delapan gelas  sehari mungkin berasal dari pedoman yang diterbitkan di Amerika Serikat padatahun 1945, tulis Mr Tsindos. The National Academy of Sciences merekomendasikan bahwa manusia setiap hari harus mengkonsumsi sekitar 2,5 liter air.

0 comments:

Posting Komentar