Sabtu, 23 Juni 2012

Dampak Olahraga Dengan Perut Kosong


Apakah Anda makan dulu sebelum olahraga? Atau justru terjebak membiarkan perut kosong sebelum olahraga? Banyak orang berpikir bahwa olahraga dengan perut kosong akan membuat pembakaran lemak lebih efektif. Pemikiran itu berdasar pemahaman bahwa kondisi perut kosong akan merangsang tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Sementara saat perut isi, tubuh cenderung akan menghabiskan dulu glukosa atau karbohidrat di dalam lambung sebagai energi.


Benarkah pemikiran itu? Tampaknya memang masuk akal. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa berolahraga dengan perut kosong tidak menawarkan manfaat apapun. Justru malah merugikan tubuh. Berdasar penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal kebugaran di Amerika Serikat, akhir tahun lalu, makan sebelum atau sesudah olahraga sebenarnya tidak berpengaruh langsung terhadap kuantitas pembakaran lemak, seperti dikutip Times of India.

Yang menjadi masalah, olahraga dalam kondisi lapar akan membuat tubuh kehilangan kekuatan otot. Kondisi ini tanpa sadar akan mengurangi intensitas latihan yang pada akhirnya tentu akan mengurangi total kalori yang terbakar. Kekuatan otot yang berkurang juga membuat tubuh kehilangan energi untuk membakar lemak lebih banyak.

Ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang mengungkap bahwa konsumsi sekitar 45 gram karbohidrat sebelum olahraga mampu menekan nafsu makan menggila di sepanjang sisa hari. Sebab, tidak makan sebelum olahraga justru membuat tubuh kehilangan banyak energi yang akan memicu peningkatkan nafsu makan berlipat ganda usai olahraga. Idealnya, makan sekitar 30 menit sebelum olahraga. 

0 comments:

Posting Komentar