Jumat, 15 Juni 2012

Struktur Pembuatan Karya Ilmiah

STUKTUR DALAM PEMBUATAN LAPORAN KARYA ILMIAH 

Halaman Sampul 
Lembar Logo 
Halaman Judul 
Lembar Persetujuan :

1) Lembar Persetujuan Dari Pembimbing Skripsi 
2) Lembar Persetujuan Sekaligus Pengesahan Skripsi 

Abstrak 
Kata Pengantar 
Daftar Isi 
Daftar Tabel 
Daftar Gambar 
Daftar Lampiran 

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 
B. Rumusan Masalah 
C. Tujuan Penelitian 
D. Hipotesis Penelitian 
E. Kegunaan Penelitian Asumsi Penelitian 
F. Ruang lingkup Dan Batasan Penelitian 
G. Definisi Istilah 

BAB II KAJIAN PUSTAKA 

A. ...... 
B. ...... 
C. ...... 
D. ...... 
E. Dst. 

BAB III METODE PENELITIAN 

A. Rancangan Penelitian 
B. Populasi Dan Sempel 
C. Instrumen Penelitian 
D. Pengumpulan Data 
E. Analisis Data 

BAB IV HASIL PENELITIAN 

A. Deskripsi Data 
B. Pengujian Hipotesis 

BAB V PEMBAHASAN 

A. ...... 
B. ...... 
C. ...... 
D. ...... 
E. Dst. 

BAB VI PENUTUP 

A. Kesimpulan 
B. Saran 

Daftar Rujukan 
Pernyataan Keaslian Tulisan 
Lampiran 
Riwayat Hidup 
__________________________________________________________________

Halaman Sampul : Lembar yang berfungsi sebagai sampul. 

Lembar Logo : Halaman yang berisikan Logo sekolah, perusahaan, atau sejenisnya. 

Halaman Judul : Lembar yang berisikan Judul dalam penelitian. 

Lembar Persetujuan : 
Halaman persetujuan merupakan halaman yang berisikan persetujuan dari pembimbing penelitian terhadap proses, hasil dan laporan penelitian siswa. Dalam halaman ini berisi judul penelitian, nama peneliti, terdapat kalimat telah menyetujui, tempat, tanggal, bulan, dan tahun, serta nama pembimbing. 

1) Lembar Persetujuan Dari Pembimbing Skripsi 
2) Lembar Persetujuan Sekaligus Pengesahan Skripsi 

Abstrak : 
Abstrak adalah suatu bentuk informasi yang disajikan dalam laporan atau karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan disertai, yang ditulis secara teknis dengan tujuan agar pembaca segera mengetahui isi yang ditulis secara singkat. 

Kata Pengantar : 
Kata pengantar merupakan sepatah dua patah kata dari penulis yang hendak disampaikan kepada pembaca mengenai karyanya tersebut. Kata pengantar biasanya berisi ucapan syukur pada tuhan, ucapan terimakasih pada pihak-pihak terkait, harapan penulis, dan do’a. 

Daftar Isi : Merupakan daftar yang memuat isi laporan beserta nommor halamannya. 

Daftar Tabel : Daftar Tabel merupakan kumpulan beberapa urutan tabel yang menunjang pembuatan tulisan/ karya ilmiah/ karangan. 

Daftar Gambar : Bagian dimana terdapat gambar-gambar dengan maksud untuk memperjelas data yang ada. 

Daftar Lampiran : Bagian dimana terdapat tamabahan-tambahan data. 

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 
Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap sesuatu masalah atau problematika yang muncul dapat ditulis dalam bentuk uraian paparan,atau poin-poinnya saja. 

B. Rumusan Masalah 
Perumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan yang hendak dicarikan jawabannya. Perumusan masalah merupakan pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah. 

C. Tujuan Penelitian 
Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian. Perbedaannya terletak pada cara merumuskannya. 

D. Hipotesis Penelitian 
Hipotesis penelitian adalah rangkuman dari kesimpulan-kesimpulan teoretis yang diperoleh dari kajian pustaka. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang secara teoretis dianggap paling mungkin dan paling tinggi tingkat kebenarannya. 

E. Kegunaan Penelitian Asumsi Penelitian 
Pada bagian ini ditunjukkan kegunaan atau pentingnya penelitian terutama bagi pengembangan ilmu atau pelaksanaan pembangunan dalam arti luas. Dengan kata lain, uraian dalam subbab kegunaan penelitian berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti. Dari uraian dalam bagian ini diharapkan dapat disimpulkan bahwa penelitian terhadap masalah yang dipilih memang layak untuk dilakukan. 
Asumsi penelitian adalah anggapan-anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan berfikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian. 

F. Ruang lingkup Dan Batasan Penelitian 
Ruang lingkup adalah variabel-variabel yang diteliti, populasi atau subjek penelitian, dan lokasi penelitian. Dalam bagian ini dapat juga dipaparkan penjabaran variabel menjadi subvariabel beserta indikator-indikatornya. Keterbatasan penelitian tidak harus ada dalam skripsi, tesis, dan disertasi. 

G. Definisi Istilah 
Definisi istilah atau definisi operasional diperlukan apabila diperkirakan akan timbul perbedaan pengertian atau kekurangjelasan makna seandainya penegasan istilah tidak diberikan. Istilah yang perlu diberi penegasan adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan konsep-konsep pokok yang terdapat di dalam skripsi, tesis, atau disertasi. 

BAB II KAJIAN PUSTAKA 

A. ...... 
B. ...... 
C. ...... 
D. ...... 
E. Dst. 

BAB III METODE PENELITIAN 

A. Rancangan Penelitian 
Rancangan penelitian diartikan sebagai strategi mengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan penelitian. 

B. Populasi Dan Sempel 
Istilah populasi dan sampel tepat digunakan jika penelitian yang dilakukan mengambil sampel sebagai subjek penelitian. Akan tetapi jika sasaran penelitiannya adalah seluruh anggota populasi, akan lebih cocok digunakan istilah subjek penelitian, terutama dalam penelitian eksperimental. 

C. Instrumen Penelitian 
Bagian ini dikemukakan instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti. Sesudah itu barulah dipaparkan prosedur pengembangan instrumen pengumpulan data atau pemilihan alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian. 

D. Pengumpulan Data 
Bagian ini menguraikan : 
  1. Langkah-langkah yang ditempuh dab teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. 
  2. Kualifikasi dan jumlah petugas yang terlibat dalam proses pengumpulan data. 
  3. Serta jadwal waktu pelaksanaan pengumpulan data. 
E. Analisis Data 
Bagian ini diuraikan jenis analisis statistik yang digunakan. Dilihat dari metodenya, ada dua jenis statistik yang dapat dipilih, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. 

BAB IV HASIL PENELITIAN 

A. Deskripsi Data 
Deskripsi data yang akan disajikan dari hasil penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum mengenai penyebaran data yang diperoleh dilapangan. Data yang disajikan berupa data mentah yang diolah menggunakan teknik statistik deskripsi. 

B. Pengujian Hipotesis 
Uji Hipotesis adalah metode pengambilan keputusan yang didasarkan dari analisa data, baik dari percobaan yang terkontrol, maupun dari observasi (tidak terkontrol). Dalam statistik sebuah hasil bisa dikatakan signifikan secara statistik jika kejadian tersebut hampir tidak mungkin disebapkan oleh faktor yang kebetulan, sesuai dengan batas probabilitas yang sudah ditentukan sebelumnya. 

BAB V PEMBAHASAN 

A. ...... 
B. ...... 
C. ...... 
D. ...... 
E. Dst. 

BAB VI PENUTUP 

A. Kesimpulan 
Kesimpulan adalah suatu proposisi(kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan. 

B. Saran 
Saran adalah sebuah solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Saran harus bersifat membangun,mendidik,dan secara objrktif dan sesuai dengan topik yang dibahas. 

Daftar Rujukan : 
Daftar rujukan disebut juga daftar pustaka (bibliografi). Daftar rujukan adalah daftar buku, majalah, jurnal, surat kabar, atau jenis rujukan/bacaan lainnya yang digunakan sebagai acuan dalam pembahasan, pengumpulan data, atau penyusunan karya ilmiah. Dalam daftar rujukan hanya dimuat jenis bacaan yang pernah dikutip, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, dan kutipannya tertera dalam teks karya ilmiah itu. 

Pernyataan Keaslian Tulisan : 
Lembar dimana pembuat makalah, jurnal, atau sejenisnya menandatangani dan menyatakan keaslian makalah, jurnal atau sejenisnya dan siap menerima sanksi apabila karyanya terbukti kedapatan tidak sesuai dengan tulisan yang ia nyatakan. 

Lampiran : 
Lampiran merupakan dokumen tambahan yang ditambahkan (dilampirkan) ke dokumen utama. Lampiran dapat ditemukan dalam surat maupun dalam buku

Riwayat Hidup : 
Riwayat hidup adalah catatan singkat tengatang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang. 

0 comments:

Poskan Komentar

Fish